Review ASUS ROG Zephyrus M15 (GU502LW)

Mendengar kata laptop atau notebook “gaming”, umumnya akan diasosiasikan dengan laptop dengan ukuran besar dan berbobot berat. Namun beberapa waktu belakangan ini, laptop gaming tidak lagi memiliki bobot yang sangat berat dan lebih bisa “mobile”.

Salah satunya, ASUS ROG Zephyrus M15 (GU502LW), hadir dengan ukuran yang lebih tipis dan ringan dibandingkan dengan laptop gaming pada umumnya. Namun demikian, laptop ini tetap bisa menyimpan performa maksimal berkat prosesor Intel Core i7-10875H dan GPU NVIDIA GeForce RTX 2070 Max-Q yang terdapat di dalamnya.

Baca Juga : Review HP ZBook Firefly 14 G7

Simak selengkapnya pada pembahasan kali ini!

Desain dan Spesifikasi

ASUS ROG Zephyrus M15 mengusung prosesor Intel Core i7-10875H berkode nama Comet Lake-H dengan fabrikasi 14 nm, TDP 45 Watt, serta memiliki 8 Core dan 16 Thread di mana ini artinya prosesor ini merupakan seri Core i7 pertama dengan konfigurasi 8-Core/16-Thread. Prosesor ini memiliki Base clock 2.3 GHz dengan Max Turbo 5.1 GHz, serta dilengkapi 16 MB Intel Smart Cache.

RAM pada laptop menggunakan RAM 16 GB DDR4 3200 MHz Single Channel Onboard, dan disediakan satu slot SO-DIMM untuk upgrade hingga kapasitas 48 GB. Sementara storage menggunakan 1 TB SSD M.2 NVMe PCIe, di mana disediakan juga slot M.2 kedua yang dapat di RAID 0.

GPU pada laptop menggunakan NVIDIA GeForce RTX 2070 with Max-Q Design 8 GB GDDR6, di mana dalam posisi Default bekerja di Performance Mode dengan nilai Base Clock di 900 MHz dan Boost Clock di 1375 MHz. Ketika Boost Mode diaktifkan, Base Clock naik menjadi 1000 MHz dengan Boost Clock di 1405 MHz.

Sementara IGP menggunakan Intel UHD Graphics yang tetap aktif sehingga membuat baterai lebih irit dan akselerasi Intel Quick Sync dapat dimanfaatkan Software Content Creator seperti Adobe Premiere.

Bodi dan desain laptop ini memiliki desain khas ASUS ROG Zephyrus M Series yang mengedepankan laptop gaming dengan desain minimalis dan sederhana, dilengkapi dengan bodi yang tipis. Ada logo ROG dengan permukaan seperti cermin pada area punggung layar, serta finishing soft-touch coating pada area palmrest.

Laptop yang memiliki material campuran Magnesium-Alumunium Alloy serta memiliki opsi warna Brushed Black ini memiliki dimensi 36 x 25.2 x 1.89 cm serta berbobot 1.95 kg untuk laptop dan 584 gram untuk chargernya.

Display pada laptop memiliki besar layar 15.6″ Full HD (1920 x 1080) IPS-Level dengan color gamut 100% sRGB yang setara dengan 75.36% Adobe RGB menurut ASUS, di mana panelnya sendiri sudah Pantone Validated yang cocok untuk Content Creation, serta memiliki Brightness 300 Nits. Layar memiliki 240 Hz refresh rate dengan 3ms Response Time, dilapisi Anti-Glare, serta memiliki menu GameVisual pada software Armory Crate untuk mengubah preset dan temperatur warna. Bingkai layar sangat tipis pada ketiga sisinya, termasuk di sisi atas, karena tak ada kamera pada bingkai layar, tetapi ASUS memberikan kamera eksternal [email protected] fPS ROG Cam GC21 pada paket penjualannya.

Audio pada laptop menggunakan Chip DAC kelas Premium, ESS Sabre HiFi Audio, di mana terdiri dari dua buah speaker yang menghadap ke bawah. Audio pada laptop memiliki software Sonic Studio 3 yang dipakai untuk mengatur preset Audio.

Konektor pada laptop terdiri dari:

Kiri

  • 1x DC-IN
  • 1x Ethernet
  • 1x HDMI 2.0b
  • 1x USB 3.2 Gen 2 (10 Gbps) Type-A
  • 1x Microphone jack
  • 1x Audio jack combo

Kanan

  • 1x Thunderbolt 3
    • Mendukung display output dengan protokol Display Port
      • Mendukung penggunaan monitor G-SYNC
    • Dapat dipasang perangkat TB3 seperti SSD External atau External GPU
    • Mendukung USB Power Delivery
      • Membuat Laptop dapat dioperasikan dengan Power Adapator 65 Watt yang lebih kecil dan ringan
      • Membuat pengguna tidak perlu membawa Charger 230 Watt yang besar dan berat jika hanya untuk melakukan aktivitas ringan
      • Power Adaptor 65 Watt diberikan pada paket penjualan
  • 2x USB 3.2 Gen 1 (5 Gbps) Type-A
  • 1x Kensington Lock

Konektivitas pada laptop menggunakan modul Intel WiFi AX201 yang mendukung MU-MIMO dan Gigabit Wi-Fi, serta Bluetooth v5.1.

Keyboard pada laptop memiliki layout khas Zephyrus M Series dengan terdapat 4 tombol hotkeys di bagian atas untuk Volume Up, Volume Down, Mic Off dan Armory Crate. Keyboard memiliki dukungan N-Key Rollover dan memiliki backlight yang terdiri dari 3 tingkat kecerahan. Untuk Touchpad, posisinya sedikit ke arah kanan dari keyboard dan mendukung Windows Precision Driver.

Source : JagatReview

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*